Blogger Jateng

Kelas 1 SD Kisi Kisi Matematika (Semester Ganjil)

 Kisi kisi matematika :

Banyak bilangan

Konsep 

Banyak bilangan adalah konsep dasar dalam matematika yang membantu kita untuk menghitung jumlah sesuatu. Misalnya, jika kita memiliki 3 buah apel dan 2 buah pisang, maka banyak bilangan apel dan pisang tersebut adalah 5.

Untuk memahami banyak bilangan, anak-anak kelas 1 SD dapat memulainya dengan memahami konsep "satu lebih dari". Misalnya, jika kita memiliki 1 buah apel, maka 1 lebih dari 1 adalah 2. Jika kita memiliki 2 buah apel, maka 1 lebih dari 2 adalah 3, dan seterusnya.

Anak-anak juga dapat membantu memahami banyak bilangan dengan menggunakan benda-benda nyata sebagai contoh, seperti menghitung jumlah buah-buahan di dalam sebuah keranjang atau jumlah kucing di dalam sebuah rumah.

Dengan memahami banyak bilangan, anak-anak dapat membantu memahami konsep matematika yang lebih kompleks di kemudian hari, seperti penambahan dan pengurangan. Selain itu, banyak bilangan juga merupakan dasar untuk memahami konsep ukuran, seperti panjang, berat, dan volume.

Praktek

Berikut adalah beberapa ide untuk membuat konten tentang banyak bilangan untuk anak-anak kelas 1 SD:

  1. Memperkenalkan banyak bilangan dengan menggunakan contoh-contoh nyata, seperti menghitung jumlah buah-buahan di dalam sebuah keranjang atau jumlah hewan di dalam sebuah kebun binatang.
  2. Menjelaskan konsep "satu lebih dari" dengan menggunakan contoh-contoh nyata, seperti jika kita memiliki 1 buah apel, maka 1 lebih dari 1 adalah 2.
  3. Menggunakan visual yang menarik, seperti gambar atau animasi, untuk membantu memperkuat konsep banyak bilangan.
  4. Menggunakan permainan atau aktivitas praktis untuk membantu anak-anak memahami banyak bilangan, seperti menghitung jumlah kacang-kacangan di dalam sebuah wadah atau menghitung jumlah bola di dalam sebuah keranjang.
  5. Menjelaskan cara menggunakan abacus atau alat hitung lainnya untuk membantu menghitung banyak bilangan.
  6. Menyertakan pertanyaan atau tugas kecil di sepanjang video untuk membantu anak-anak mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari.
  7. Memperkenalkan ungkapan sederhana untuk menyatakan jumlah, seperti "satu lebih dari dua adalah tiga" atau "dua ditambah tiga adalah lima".

Dengan menggunakan pendekatan yang interaktif dan visual, konten video tentang banyak bilangan dapat membantu anak-anak memahami konsep ini dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Nama bilangan

Penjelasan

Nama bilangan adalah kata yang digunakan untuk menyebut bilangan-bilangan tertentu. Nama bilangan digunakan untuk bilangan-bilangan mulai dari 1 hingga 10, dan setelah itu akan digunakan angka saja.

Untuk anak-anak kelas 1 SD, memahami nama bilangan adalah penting karena mereka akan membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung uang atau mencatat jumlah sesuatu.

Berikut adalah nama bilangan untuk anak-anak kelas 1 SD:

  • Satu
  • Dua
  • Tiga
  • Empat
  • Lima
  • Enam
  • Tujuh
  • Delapan
  • Sembilan
  • Sepuluh
Untuk bilangan di atas 10, kita hanya menggunakan angka saja. Misalnya, 11 adalah "sebelas", 12 adalah "dua belas", dan seterusnya.

Memahami nama bilangan juga membantu anak-anak memahami konsep penambahan dan pengurangan, karena mereka dapat menggunakan nama bilangan untuk menyatakan jumlah sesuatu. Misalnya, jika kita memiliki 3 buah apel dan kemudian menambahkan 2 buah lagi, maka jumlah apel tersebut adalah "lima".

Dengan membantu anak-anak memahami nama bilangan, kita dapat membantu mereka memahami konsep matematika yang lebih kompleks di kemudian hari.

Ide praktik 

  1. Menggunakan benda-benda nyata sebagai contoh untuk membantu anak-anak memahami konsep banyak bilangan. Misalnya, memberikan anak-anak beberapa buah apel dan meminta mereka untuk menghitung jumlahnya, atau memberikan mereka beberapa bola dan meminta mereka untuk menghitung jumlahnya.
  2. Membantu anak-anak memahami konsep "satu lebih dari" dengan menggunakan benda-benda nyata. Misalnya, memberikan anak-anak sebuah apel dan meminta mereka untuk menambahkan satu lagi, atau memberikan mereka dua bola dan meminta mereka untuk menambahkan satu lagi.
  3. Menggunakan alat hitung, seperti abacus atau jari, untuk membantu anak-anak memahami konsep banyak bilangan.
  4. Menggunakan permainan yang menyenangkan, seperti memasukkan bola ke dalam sebuah keranjang atau menghitung jumlah kacang-kacangan di dalam sebuah wadah, untuk membantu anak-anak memahami banyak bilangan.
  5. Membantu anak-anak memahami nama bilangan dengan menggunakan kartu nama bilangan atau mencatat nama bilangan pada sebuah papan tulis atau kertas. Anak-anak dapat menggunakan kartu nama bilangan untuk membantu mereka menghafal nama bilangan, atau menggunakan kertas dan pena untuk menulis nama bilangan secara berurutan.
  6. Menggunakan ungkapan sederhana untuk menyatakan jumlah, seperti "satu lebih dari dua adalah tiga" atau "dua ditambah tiga adalah lima", untuk membantu anak-anak memahami penambahan dan pengurangan.
Dengan melakukan praktik secara teratur, anak-anak kelas 1 SD akan lebih mudah memahami konsep banyak bilangan dan nama bilangan.

Lambang bilangan

Konsep

Lambang bilangan adalah tanda atau simbol yang digunakan untuk menyatakan bilangan-bilangan tertentu. Misalnya, angka "1" adalah lambang bilangan satu, angka "2" adalah lambang bilangan dua, dan seterusnya.

Untuk anak-anak kelas 1 SD, memahami lambang bilangan adalah penting karena mereka akan sering menggunakan angka dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung uang atau mencatat jumlah sesuatu.

Berikut adalah lambang bilangan untuk anak-anak kelas 1 SD:

  • Satu
  • Dua
  • Tiga
  • Empat
  • Lima
  • Enam
  • Tujuh
  • Delapan
  • Sembilan
  • Sepuluh
Lambang bilangan juga dapat digunakan untuk menyatakan jumlah yang lebih besar, misalnya 11 adalah "sebelas", 12 adalah "dua belas", dan seterusnya.

Memahami lambang bilangan juga membantu anak-anak memahami konsep penambahan dan pengurangan, karena mereka dapat menggunakan angka untuk menyatakan jumlah sesuatu. Misalnya, jika kita memiliki 3 buah apel dan kemudian menambahkan 2 buah lagi, maka jumlah apel tersebut adalah "5".

Praktik

  1. Menggunakan benda-benda nyata sebagai contoh untuk membantu anak-anak memahami lambang bilangan. Misalnya, memberikan anak-anak beberapa buah apel dan meminta mereka untuk menghitung jumlahnya dengan menggunakan angka, atau memberikan mereka beberapa bola dan meminta mereka untuk menghitung jumlahnya dengan menggunakan angka.
  2. Membantu anak-anak memahami konsep "satu lebih dari" dengan menggunakan benda-benda nyata dan angka. Misalnya, memberikan anak-anak sebuah apel dan meminta mereka untuk menambahkan satu lagi dengan menggunakan angka, atau memberikan mereka dua bola dan meminta mereka untuk menambahkan satu lagi dengan menggunakan angka.
  3. Menggunakan alat hitung, seperti abacus atau jari, untuk membantu anak-anak memahami lambang bilangan.
  4. Menggunakan permainan yang menyenangkan, seperti memasukkan bola ke dalam sebuah keranjang atau menghitung jumlah kacang-kacangan di dalam sebuah wadah, untuk membantu anak-anak memahami lambang bilangan.
  5. Membantu anak-anak memahami lambang bilangan dengan menggunakan kartu lambang bilangan atau mencatat lambang bilangan pada sebuah papan tulis atau kertas. Anak-anak dapat menggunakan kartu lambang bilangan untuk membantu mereka menghafal lambang bilangan, atau menggunakan kertas dan pena untuk menulis lambang bilangan secara berurutan.
  6. Menggunakan ungkapan sederhana untuk menyatakan jumlah, seperti "satu lebih dari dua adalah tiga" atau "dua ditambah tiga adalah lima", untuk membantu anak-anak memahami penambahan dan pengurangan dengan menggunakan lambang bilangan.

Urutan bilangan

Urutan bilangan adalah susunan bilangan dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya, dari yang terbesar hingga yang terkecil. Urutan bilangan sangat penting untuk membantu kita memahami dan mengelompokkan bilangan-bilangan tertentu sesuai dengan ukuran mereka.

Contohnya, jika kita memiliki bilangan-bilangan 1, 2, dan 3, maka urutan bilangan dari yang terkecil hingga yang terbesar adalah 1, 2, dan 3, sedangkan urutan bilangan dari yang terbesar hingga yang terkecil adalah 3, 2, dan 1.

Untuk anak-anak kelas 1 SD, memahami urutan bilangan adalah penting karena mereka akan sering menggunakan angka dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung uang atau mencatat jumlah sesuatu.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu anak-anak kelas 1 SD memahami urutan bilangan:

  1. Menggunakan benda-benda nyata sebagai contoh untuk membantu anak-anak memahami urutan bilangan. Misalnya, memberikan anak-anak beberapa buah apel dan meminta mereka untuk mengelompokkan apel tersebut dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya, atau memberikan mereka beberapa bola dan meminta mereka untuk mengelompokkan bola tersebut dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya.
  2. Menggunakan alat hitung, seperti abacus atau jari, untuk membantu anak-anak memahami urutan bilangan.
  3. Menggunakan permainan yang menyenangkan, seperti memasukkan bola ke dalam sebuah keranjang atau menghitung jumlah kacang-kacangan di dalam sebuah wadah, untuk membantu anak-anak memahami urutan bilangan.
  4. Membantu anak-anak memahami urutan bilangan dengan menggunakan kartu urutan bilangan atau mencatat bilangan pada sebuah papan tulis atau kertas. Anak-anak dapat menggunakan kartu urutan bilangan untuk membantu mereka mengelompokkan bilangan dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya, atau menggunakan kertas dan pena untuk menulis bilangan secara berurutan.
  5. Menggunakan ungkapan sederhana untuk menyatakan jumlah, seperti "satu lebih dari dua adalah tiga" atau "dua ditambah tiga adalah lima", untuk membantu anak-anak memahami penambahan dan pengurangan dan bagaimana bilangan-bilangan tersebut disusun dalam urutan.
  6. Membantu anak-anak memahami urutan bilangan dengan mengajak mereka membaca buku-buku yang menggunakan bilangan dan menyuruh mereka menemukan bilangan-bilangan tertentu yang disebutkan dalam teks.

Membandingkan bilangan

Membandingkan bilangan adalah proses menentukan mana dari dua bilangan yang lebih besar atau lebih kecil. Ini sangat penting karena membantu kita memahami ukuran dan jumlah sesuatu.

Untuk membandingkan bilangan, kita dapat menggunakan lambang ">" untuk menyatakan bahwa bilangan pertama lebih besar daripada bilangan kedua, atau lambang "<" untuk menyatakan bahwa bilangan pertama lebih kecil daripada bilangan kedua.

Contohnya, jika kita memiliki bilangan 5 dan bilangan 3, maka kita dapat menyatakan bahwa 5 > 3, yang berarti bahwa 5 lebih besar daripada 3. Sebaliknya, jika kita memiliki bilangan 2 dan bilangan 4, maka kita dapat menyatakan bahwa 2 < 4, yang berarti bahwa 2 lebih kecil daripada 4.

Untuk anak-anak kelas 1 SD, memahami cara membandingkan bilangan adalah penting karena mereka akan sering menggunakan angka dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung uang atau mencatat jumlah sesuatu.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu anak-anak kelas 1 SD memahami cara membandingkan bilangan:

  1. Menggunakan benda-benda nyata sebagai contoh untuk membantu anak-anak memahami cara membandingkan bilangan. Misalnya, memberikan anak-anak beberapa buah apel dan meminta mereka untuk membandingkan jumlah apel tersebut, atau memberikan mereka beberapa bola dan meminta mereka untuk membandingkan jumlah bola tersebut.
  2. Menggunakan alat hitung, seperti abacus atau jari, untuk membantu anak-anak memahami cara membandingkan bilangan.
  3. Menggunakan permainan yang menyenangkan, seperti memasukkan bola ke dalam sebuah keranjang atau menghitung jumlah kacang-kacangan di dalam sebuah wadah, untuk membantu anak-anak memahami cara membandingkan bilangan.
  4. Membantu anak-anak memahami cara membandingkan bilangan dengan menggunakan kartu bilangan atau mencatat bilangan pada sebuah papan tulis atau kertas. Anak-anak dapat menggunakan kartu bilangan untuk membantu mereka membandingkan bilangan-bilangan tertentu, atau menggunakan kertas dan pena untuk menulis bilangan-bilangan yang akan dibandingkan.
  5. Menggunakan ungkapan sederhana untuk menyatakan jumlah, seperti "satu lebih dari dua adalah tiga" atau "dua ditambah tiga adalah lima", untuk membantu anak-anak memahami penambahan dan pengurangan dan bagaimana bilangan-bilangan tersebut dapat dibandingkan.
  6. Membantu anak-anak memahami cara membandingkan bilangan dengan mengajak mereka membaca buku-buku yang menggunakan bilangan dan menyuruh mereka menemukan bilangan-bilangan tertentu yang disebutkan dalam teks.

Penjumlaha  dan pengurrangan

Penjumlahan dan pengùrangan susnn ke  bawaah

Soal cerita penjumlahan dn pengurangan

Penjumlahan 3  billaanngan


Post a Comment for "Kelas 1 SD Kisi Kisi Matematika (Semester Ganjil)"