Blogger Jateng

Damn Small Solaris - LiveCD Solaris Hanya dengan 192mb RAM

Sudah pernah coba solaris 10? Terlalu besar ya kalau di install di hard disk. Lebih dari 10gb! bahkan kalau kita install hanya console saja, bisa lebih dari 5gb. Bagaimana dengan LiveCD? sudah ada distronya tuh, Belenxi atau Nexenta.? Kalau RAM anda > 256mb and VGA compatible sih tidak masalah. Bagaimana kalau seperti saya, cmn punya Pentium 3, 933mhz, RAM 192. Hiks. . Sedihnya..

Coba searching2 di google ada dapet link Damn Small Solaris (DSS). Hey, is this a praticle joke? hanya guyonan dari damn small linux? Pertamanya sih kirain iya. Eh tahunya bener. Ada distro Open Solaris yang ukurannya hanya 60~70MB dan hanya butuh Memory hanya 192mb.



Selain bs di buat LiveCD , DSS jg bisa di jalankan melalui bootable business cards (cd ukuran kartu nama), USB flash drives, berbagai macam memory cards, dan Zip drives. Versi pertamanya adalah 0.1.1, keluar pd 21 february 2008 (5 hari sebelum tulisan ini!).

Software tidak begitu banyak, ada Beaver, Vim, Dillo, Midnight Commander, emelFM, XMMS, Xpdf, VNC viewer, Rdesktop, AxyFTP, Irssi. Selain dari software2 bawaan dari solaris itu sendiri, dtrace, zfs, brandz, dll. Seperti jg Belenix, DSS menggunakan lisensi CDDL license version 1. bisa download di sini :
myfreefilehosting.com
rapidshare.com
rapidshare.ru
filefactory.com
4shared.com
meetfile.com

Selamat mencoba solaris di PC tua anda! ;)

source : http://www.sunhelp.ru/archives/179-Damn_Small_Solaris_0.1.1_English_Page.html

3 comments for "Damn Small Solaris - LiveCD Solaris Hanya dengan 192mb RAM"

Anonymous 10:31 PM Delete Comment
Now it's name - MilaX
http://www.milax.org
Anonymous 12:02 PM Delete Comment
Bro mau tanya dong buat passwordnya untuk login ke milax ?

Saya newbie baru mau belajar solaris, tolong bantu ya.

Tq
admin 11:43 AM Delete Comment
bro @bapux14 password-nya : alex